5 Petahana Bakal Bertarung di Satu Dapil, Siapa Berpeluang.?
R
Redaktur
-
Jan, 10 2023
Dari kiri : Sunaryo Thes, Ahkam Gajali, Hamja Umasangaji, M Nasir Sangaji dan Ajhar Makian

MODERATORSUA.COM, SANANA – Peraturungan pemilihan legislatif (Pileg) 2024, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Kabupaten Kepulauan Sula (Sula) bakal sengit.

Bagaimana tidak, di dapil tersebut ada 5 petahana yang saat ini duduki jabatan sebagai unsur pimpinan, dan Ketua Komisi DPRD Sula saat ini.

Ketiga unsur pimpinan DPRD tersebut yakni Sunaryo Thes (Ketua DPRD), Ahkam Gajali (Wakil Ketua I), Hamja Umasangaji (Wakil Ketua II).

Selain itu ada M Nasir Sangaji (Ketua Komisi III DPRD) dan Ajhar Makian (Anggota Komisi I DPRD), yang akan berkompetisi pada Pileg 2024 mendatang.

Partai Golkar Sula misalnya. Pada Pileg 2024 nanti, partai yang dinakhodai Ahkam Gajali ini, menargetkan minimal 5 kursi dan maksimal 8 kursi di Parlemen.

“Kita target minimal 5 kursi, dan maksimal 8 kursi di parlemen 2024 mendatang. Kita optimis, bisa capai target ini, karena pada pemerintahan Hendrata Thes saja, Golkar bisa keluar sebagai pemenang ke dua di legislatif, apalagi saat ini Golkar juga turut mengantarkan FAM-SAH menjadi bupati dan wakil bupati pada pilkada kemarin,” kata Ahkam baru-baru ini.

Sama halnya dengan Golkar. Partai NasDem Sula juga punya target 5 kursi pada Pileg 2024 mendatang.

“Jadi harus 5 kursi. Kalau di masing-masing dapil, 1 kursi itu artinya sudah 4 kursi, dan itu kita sudah memenangkan Pemilu,”papar Hamja Umasangaji.

Tak seperti Partai Golkar dan NasDem. Partai Gerindra hanya menargetkan fraksi penuh. Artinya 4 Dapil ditargetkan terisi semua.

“Empat Dapil saat ini, minimal Gerindra dapat 1 kurisi di masing-masing Dapil,”turur Natsir

Begitu juga dengan Sunaryo Thes, Ketua DPC Partai Demokrat Sula. Adik kandung mantan Bupati Sula, Hendrata Thes ini, masih sangat optimis bakal pertahankan mayoritas 5 kurisi di Parlemen saat ini pada Pileg 2024 mendatang.

“Sebagai Ketua Partai Demokrat Sula, saya optimis Demokrat masih akan raih mayoritas kursi pada Pileg 2024,”ucap Sunaryo Selasa (10/01/23).

Orang nomor satu di DPRD Sula itu juga sudah mantap untuk bertarung Dapil 4 yang Pileg sebelumnya masih tergabung dalam Dapil 3. Dia berkompetisi bersama 3 petahana lainnya.

“Saya masih tetap maju di Dapil yang sama,”ujar Sunaryo.

Namun ditanya soal dirinya bakal keluar sebagai pemenang atau tidak di Dapil 4 di tahun 2024, Sunaryo hanya pasrah.

“Kita semua pasrah pada yang di atas (Tuhan). Kita tidak bisa bicara lebih. Karena orang punya hati ini kita tidak bisa tebak. Prinsipnya, kita kerja sajalah,”pungkas Sunaryo.

Penulis: Gunawan Tidore

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.