Pemkot Akan Tambah Belasan Miliar, Anggaran Pelabuhan Ternate – Hiri
P
Property: Moderatorsua
-
Jul, 26 2023
Dok ModeratorSua: Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M Nur Taib saat diwawancarai awak media. Rabu (26/07/2023)

MODERATORSUA.COM, TERNATE – Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) segera membangun fasilitas penunjang Pelabuhan Penyembarang Ternate – Hiri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rus’an M Nur Taib menyampaikan, kedepannya fasilitas pelabuhan tersebut akan dirampungkan.

“Nah, untuk tahun ini kita mengerjakan breakwater yang sudah dianggarkan kurang lebih Rp 2,2 miliar, total desainnya itu panjangnya 85 meter ke laut,” kata Rus’an M NurTaib saat ditemui wartawan. Rabu, (26/07/2023)

Mantan Kepala Balai BPPW Provinsi Sulut itu menjelaskan, dari rancangan 85 meter tersebut, akan dikerjakan 35 meter.

“Untuk tahun ini dengan anggaran tersebut, kita bisa menyelesaikan kurang lebih 35 meter, sisa 50 meter lagi Insya Allah kita selesaikan,” terangnya.

Dia menyebut, kedepannya pemerintah akan menembah anggaran pelabuhan penyebrangan Sulamadaha – Hiri belasan miliar rupiah.

“Kami sudah membahas bersama Kaban Bappelitbangda ada penambahan kurang lebih Rp 15 miliar, itu kesepakatan kami. Lebih jelasnya nanti kaban yang menjelaskan. Mudah-mydahan saya tidak salah,” tambahnya.

Menurutnya pekerjaan breakwater Pelabuhan Penyembarang Sulamadaha – Hiri akan rampung pada akhir tahun 2023.

“Untuk anggaran Rp 2,2 M yang dilaksanakan di APBD induk ini, sampai saat ini sudah masuk masa sanggah, lima hari kedepan sudah ada pengumuman pemenang, tanggal 31 Juni kemungkinan sudah kontrak dan pelaksanaan dilapangan, targetnya 35 meter breakwater selesai di Desembaer,” tegasnya

Dari rencana penambahan anggaran Rp 15 Miliar itu, kata Rus’an. Akan dilanjutkan pekerjaan 50 meter breakwater dan beberapa fasilitas pendukung.

“Untuk menyelesaikan sisa 50 meter breakwater, termasuk prasarana pendukung tambatan perahu, parkiran dan ruang tunggu untuk penumpang,” tutupnya.

Penulis: Gajali Fataruba

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.