Puluhan Tahun Centong BBM di SPBU, Nelayan Bilang Rugi, Pemilik SPBU: Tidak  Mungkin
P
Property: Moderatorsua
-
Aug, 05 2024
Dok Moderatorsua: SPBU Kompak Sanana Utara

Sanana, Moderatorsua.com – Stasion Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak Sanana Utara, dituding nelayan sudah puluhan tahun melayani pengisian BBM tidak menggunakan dispenser.

Terletak di Desa Pohea Kecamatan Sanana Utara, praktek centongan BBM di SPBU dengan nomor 8697712 itu, telah merugikan banyak nelayan. Hal itu diungkapkan sejumlah nelayan saat ditemui wartawan pada, Senin (05/08/2024)

Selain keluhkan pengisian BBM secara manual, para nelayan juga mengaku kesulitan membeli BBM jenis Perlite. Padahal menurut mereka kuota BBM subsidi tersebut dikhususkan untuk nelayan dan peluku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Sejak pertama berdiri kurang lebih 10 tahun tidak pernah pake nosel, terus ukuran tidak bagus, kalau kita beli 25 liter paling tinggi 23 liter, karena jerigen 25 liter ini tidak full,” beber Herman mencontohi dengan jerigen kosong berkapasitas 25 liter.

Meski sudah melakukan protes atas peraktek centongan bbm tersebut. Kata Herman, pihak SPBU tidak menerima dan menyalahkan nelayan.

“Kalau kita protes di sana (SPBU), itu yang nama Marwa (Pegawai SPBU) yang selalu marah,” tambah Rustam Salim.

Atas kejadian tersebut, nelayan berharap praktek centongan BBM di SPBU tersebut segera ditertibkan dan diganti dengan dispenser.

“Kalau bisa dapat Pertile lebih lancar dan pengisian secepatnya pakai nosel,” pinta nelayan Desa Bajo.

Sementara itu pemilik SPBU Bernadth Ham saat dikonfimasi melalui telepon menyebut, alat pengukuran manual BBM di SPBU sudah diuji di metrologi.

“Inikan proses renovasi sementara jalan, dan alat ukur kita kirim ke meterologi untuk ditera, kan ada beberapa tempat juga yang kalau SPBU rusak, mereka ukur manual,” kata pemilik SPBU membantah tudingan nelayan.

Ia juga mengklaim, pengukuran BBM secara manual tidak menurugikan konsumen selama pelayanan berlangsung di SPBU.

“Tidak mungkin sampai begitu (rugi,red) di jerigen itukan ada tandanya, jadi tidak mungkin,” pungkasnya.

Diketahui saat ini SPBU Sanana Utara, sedang dilakukan pekerjaan bangunan baru, amatan Moderator, terlihat telah terpasang dua dispenser bekas dan tambahan dispenser baru serta kanopi.

Penulis: Algajali Fataruba
Edtor: Redaksi Moderator

© 2023 Moderatorsua | All rights reserverd.